LAPORAN PKP LENGKAP PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDIT NURUL ISLAM PARAMARTA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI ARTI GAMBAR PADA LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA


        Laporan PKP penggunaan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas III SDIT Nurul Islam Paramarta pada mata pelajaran PKn materi arti gambar pada lambang Negara Garuda Pancasila Universitas Terbuka

 A. Latar Belakang Masalah 

    Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap warga negara, sebab pendidikan menjadi barometer kemajuan dan peradaban suatu bangsa. Tidak heran jika kemudian negara mengatur dan menjadikan pendidikan sebagai salah satu persoalan penting yang harus dibenahi dengan sungguhsungguh. Pendidikan merupakan satu bidang yang menjadi tanggung jawab negara sebagaimana Pembukaan UUD 1945 jelas mengamanatkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. 


    Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dijelaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana dan proses belajar agar siswa aktif mengembangkan potensi dirinya yang meliputi sikap spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan yang diperlukan oleh masyarakat, bangsa dan negara. Dengan kata lain pendidikan adalah suatu penentu atau proses perkembangan siswa menuju arah yang lebih baik. 

    Mutu dan kualitas siswa menjadi hal utama untuk membentuk sumber daya manusia yang kompeten. Mutu pendidikan dapat dilihat pada hasil yang telah dicapai oleh siswa dalam setiap proses pembelajaran. Keberhasilan siswa dapat dipengaruhi proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru ketika di kelas. Guru dituntut untuk berinovasi dan kreatif dalam proses pembelajaran agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. 

    Salah satu langkah yang dapat dilakukan guru dalam proses pembelajaran kepada siswa yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media yang tepat akan mengkonkretkan materi pembelajaran dan memudahkan siswa untuk memahami materi.

    Namun, pada kenyataan proses pembelajaran di kelas sering mengalami kendala dalam penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil survey di SDIT Nurul Islam Paramarta Sumber Baru Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah menunjukkan bahwa masih banyak tenaga pendidik yang kurang berinovasi dan kreatif dalam proses pembelajaran. 

    Tenaga pendidik banyak yang tidak menggunakan media pembelajaran sehingga materi yang diajarkan menjadi abstrak yang mengakibatkan siswa kelas 3 kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga prestasi belajar siswa kurang optimal. Salah satu materi yang memerlukan media pembelajaran yaitu materi arti gambar pada lambang negara garuda pancasila kelas 3. Pada siswa kelas 3 dengan jumlah 28 siswa diketahui bahwa pemahaman materi masih tergolong kurang baik. 


1. Identifikasi Masalah 

       Identifikasi masalah yang muncul pada rencana penelitian ini: 

      a. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa seperti penggunaan media gambar lambang negara garuda pancasila. 

    b. Pemahaman siswa terhadap materi arti gambar pada lambang negara garuda pancasila masih rendah. 


2. Analisis Masalah 

        Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, analisis masalah pada penelitian ini sebagai berikut: Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa misalnya dengan menggunakan media gambar lambang negara garuda pancasila.

3. Alternatif Pemecahan 

        Masalah Berdasarkan pada analisis masalah yang dikemukakan tersebut, maka alternatif pemecahan masalah dapat berupa: 

    a. Guru dalam pembelajaran perlu menggunakan media pembelajaran yang menarik, misalnya media gambar lambang negara garuda pancasila.. 

    b. Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran yang menarik perhatiaan siswa, misal dengan media gambar yang mampu mengkonkretkan materi pembelajaran. Beberapa alternatif pemecahan masalah tersebut penting dalam rangka mengatasi masalah yang timbul dalam suatu pembelajaran, prioritas utama dalam penelitian ini difokuskan pada masalah “Penggunaan Media Gambar Lambang Negara Garuda Pancasila” 


B. Rumusan Masalah 

        Berdasarkan permasalahan yang diuraikan di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatan prestasi belajar siswa kelas III SDIT Nurul Islam Paramarta pada materi arti lambang negara garuda pancasila?” 


C. Tujuan Penelitian 

        Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDIT Nurul Islam Paramarta pada materi arti lambang negara garuda pancasila.


Untuk lebih lengkapnya sedot Link Disini :)

Terbaru Lebih lama

Related Posts

3 komentar

Posting Komentar