LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MEMPERJELAS SUATU PENGERTIAN ATAU UNTUK MEMPERLIHATKAN BAGAIMANA BERJALANNYA SUATU PROSES PEMBENTUKAN TERTENTU PADA SISWA

  

    Laporan  penelitian tindakan kelas  menggunakan metode demonstrasi untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa Di SD Negeri 2 Bina Karya Putra Rumbia Lampung Tengah.


1.            Latar Belakang Masalah

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dari suatu pembelajaran. Hal ini merupakan hal  utama yang diperhatikan oleh berbagai pihak dalam rangka mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran.

Masalah yang dihadapi dalam kenyataan adalah adanya hasil pembelajaran, khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas I di SDN 2 Bina Karya Putra, belum mencapai nilai yang maksimal. Hal ini bisa dilihat dari dari nilai rata-rata ulangan harian yang masih di bawah KKM.Yaitu KKM 75, nilai rata-rata yang diperoleh 65.

Masalah ini disebabkan guru dalam menggunakan metode yang kurang sesuai. Kebiasaan guru hanya menggunakan metode ceramah dan  Tanya jawab. Kemampuan guru dalam menggunakan metode demonstrasi masih kurang. Sehingga dalam proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik.

Di samping penggunakan metode yang kurang sesuai, juga karena alat peraga yang digunakan masih terbatas. Hal ini bisa dilihat dalam proses pembelajaran alat peraga yang digunakan seadanya. Guru tidak menyiapkan alat peraga secara matang.

Dengan melihat keadaan seperti ini, otomatis siswa tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran. Sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran. Ada siswa yang bercanda, ada yang berlarian ke sana ke mari, ada yang bermain sendiri dan sebagainya.


2.            Identifikasi masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut :

1.      Kemampuan guru dalam menggunakan metode yang sesuai masih kurang

2.      Alat  peraga yang digunakan masih terbatas

3.      Siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran

4.      Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA rendah

 

3.            Analisa masalah

Dengan memperhatikan paparan tersebut perlu adanya terobosan baru untuk mengatasi masalah tersebut. Maka peneliti melakukan diskusi. Berdasarkan hasil diskusi, maka diusulkan agar menerapkan metode demonstrasi untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa. Diharapkan dengan penggunaan metode demonstrasi dapat mengatasi masalah tersebut.


A.            Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

1.        Bagaimana menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa?

2.        Bagaimana menerapkan metode demonstrasi pada mata pelaajaran IPA untuk meningkatkan aktifitas siswa?

 

B.            Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran

Sejalan dengan apa yang sudah diutarakan pada latar belakang dan rumusan masalah, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :

1.        Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA  melalui penerapan metode demonstrasi.

2.        Meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran melalui penerapan metode demonstrasi.


C.           Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :

1.             Siswa

a.     Meningkatkan pemahaman siswa

b.    Meningkatkan hasil belajar siswa

c.     Siswa lebih termotivasi untuk melaksanakan pembelajaran

2.             Guru

a.     Memperbaiki tindakan dalam kegiatan pembelajaran

b.    Mengembangkan potensi pembelajaran

3.                   Sekolah

a.     Tercipta suasana kelas yang efektif dan menyenangkan

Meningkatkan kualitas pendidikan.



Untuk lebih lengkapnya silajkan Klik disini untuk isi dan cover Klik disini.

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar