Laporan penelitian tindakan kelas menggunakan metode demonstrasi untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa Di SD Negeri 2 Bina Karya Putra Rumbia Lampung Tengah.
1.
Latar Belakang Masalah
Hasil
belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dari suatu pembelajaran. Hal ini
merupakan hal utama yang diperhatikan oleh berbagai pihak dalam
rangka mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran.
Masalah
yang dihadapi dalam kenyataan adalah adanya hasil pembelajaran, khususnya mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas I di SDN 2 Bina Karya Putra, belum
mencapai nilai yang maksimal. Hal ini bisa dilihat dari dari nilai rata-rata
ulangan harian yang masih di bawah KKM.Yaitu KKM 75, nilai rata-rata yang
diperoleh 65.
Masalah ini disebabkan guru dalam menggunakan metode yang kurang sesuai. Kebiasaan guru hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Kemampuan guru dalam menggunakan metode demonstrasi masih kurang. Sehingga dalam proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik.
Di samping
penggunakan metode yang kurang sesuai, juga karena alat peraga yang digunakan
masih terbatas. Hal ini bisa dilihat dalam proses pembelajaran alat peraga yang
digunakan seadanya. Guru tidak menyiapkan alat peraga secara matang.
Dengan
melihat keadaan seperti ini, otomatis siswa tidak tertarik dalam mengikuti
pelajaran. Sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal ini
dapat dilihat dalam proses pembelajaran. Ada siswa yang bercanda, ada yang
berlarian ke sana ke mari, ada yang bermain sendiri dan sebagainya.
2.
Identifikasi
masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas maka dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai
berikut :
1. Kemampuan guru dalam menggunakan
metode yang sesuai masih kurang
2. Alat peraga yang
digunakan masih terbatas
3. Siswa kurang antusias dalam
mengikuti pelajaran
4. Hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran IPA rendah
3.
Analisa
masalah
Dengan memperhatikan paparan tersebut perlu adanya terobosan baru untuk mengatasi masalah tersebut. Maka peneliti melakukan diskusi. Berdasarkan hasil diskusi, maka diusulkan agar menerapkan metode demonstrasi untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu pada siswa. Diharapkan dengan penggunaan metode demonstrasi dapat mengatasi masalah tersebut.
A.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang dan identifikasi masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan
sebagai berikut :
1.
Bagaimana
menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil
belajar siswa?
2.
Bagaimana
menerapkan metode demonstrasi pada mata pelaajaran IPA untuk meningkatkan
aktifitas siswa?
B.
Tujuan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Sejalan dengan apa yang sudah diutarakan pada latar belakang
dan rumusan masalah, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
:
1.
Meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode
demonstrasi.
2. Meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran melalui penerapan metode demonstrasi.
C.
Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.
Siswa
a. Meningkatkan pemahaman siswa
b. Meningkatkan hasil belajar siswa
c. Siswa lebih termotivasi untuk melaksanakan
pembelajaran
2.
Guru
a. Memperbaiki tindakan dalam kegiatan
pembelajaran
b. Mengembangkan potensi pembelajaran
3.
Sekolah
a. Tercipta suasana kelas yang efektif
dan menyenangkan
Sangat membantu terimakasih :)
BalasHapusterimakasih :)
BalasHapus