Contoh Skripsi Sistem Pengajuan Pinjaman Pada Koperasi Tri Dharma Artha

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Perkembangan manajemen modern semakin menyadarkan diri pada kebutuhan informasi, ketidaklancaran pengolahan arus informasi dapat mengakibatkan kekacauan dalam mengambil keputusan. Pengendalian operasional, perencanaan, teknis dan strategis rasanya semua ini tidak terlalu sulit diwujudkan dengan adanya komputer, untuk itu dalam usaha mengkomputerisasikan sebuah sistem pada suatu organisasi sepertinya telah menjadi suatu keharusan dan kewajiban, karena sekarang ini komputer memegang peranan yang sangat penting guna mencapai suatu hasil kerja yang maksimal sehingga mempunyai sarana yang cukup menunjang informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Tidak hanya organisasi saja yang membutuhkan informasi melainkan seluruh aspek kehidupan termasuk Koperasi Simpan Pinjam Tri Dharma Artha yang memberikan pelayanan jasa simpan pinjam bagi seluruh lapisan masyarakat. Proses simpan pinjam tersebut mambutuhkan informasi terbaru dan laporan-laporan yang akurat dan tepat waktu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang harus menggunakan komputer untuk mengolah data atau pengaturan administrasi dalam proses peminjaman. Saat ini pada proses pengajuan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Tri Dharma Artha masih dilakukan secara manual, sehingga proses pengajuan pinjaman kurang efisien dan kurang maksimal. Sehingga dalam proses pengajuan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Tri Dharma Artha masih ditemukan banyak kendala, diantaranya sebagai berikut:
1.        Kesulitan dalam proses pencarian data anggota atau nasabah
2.        Proses pencetakan kwitansi pinjaman, kwitansi biaya administrasi, surat perjanjian pinjaman (kredit),  dan tanda terima jaminan kredit masih manual.
Kendala tersebut diatas terjadi karena sistem yang digunakan saat ini belum sepenuhnya menggunakan komputer. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasiakan mempermudah dan mempercepat proses peminjaman. Sehingga kesalahan dalam proses pengajuan pinjaman tersebut dapat diperkecil.
Untuk mengatasi kendala tersebut di atas maka penulis mengambil judul “Sistem Pengajuan Pinjaman Pada Koperasi Tri Dharma Artha”.
1.2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas maka dibuat suatu rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana system pengajuan pinjaman pada Koperasi Tri Dharma Artha?
2.    Bagaimana cara penginputan pengajuan pinjaman secara singkat, mudah dan akurat?
1.3.       Batasan Masalah
Perancangan sistem pengajuan pinjaman masalah yang akan dibahas dibatasi adalah:
1.    Tidak membahas tentang pemeliharaan.
2.    Perancangan dibatasi hanya untuk pengajuan pinjaman.
3.    Sistem yang dibuat hanya sebatas perancangan yang akan diimplementasikan hanya di Koperasi Tri Dharma Artha lampung Tengah.
1.4.       Tujuan Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan
Pelaksanaan Pengembangan Sistem pengajuan pinjaman ini dimaksudkan sebagai fasilitas untuk membantu fungsi instansi dalam penginputan data nasabah yang mengajukan pinjaman secara cepat. Adapun tujuan yang dapat diperoleh yaitu :
1.    Membantu perusahaan untuk membuat suatu sistem yang mempunyai penyimpanan data yang baik sehingga dapat memudahkan dalam proses penginputan data pengajuan pinjaman.
2.    Membuat sistem yang mempunyai keluaran atau output yang baik dari data-data yang ada sehingga menghasilkan suatu laporan yang akurat serta menarik yang akan diberikan kepada manager.
1.5.       MetodePengumpulan Data
Metode pengumpulan data untuk membuat laporan PKL ini, penulis berusaha mengumpulkan data dan informasi untuk mendukung proses pembuatan Laporan PKL ini. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.5.1   Pengamatan
Metode observasi dilakukan dengan cara mengadakan pencatatan secara sistematis dan mengadakan pengamatan secara langsung kelokasi yaitu Koperasi Tri Dharma Artha.
1.5.2   Dokumentasi
Dokumentasi dilakukan dengan cara mencari data yang relevan dan berhubungan dengan permasalahan yang diangkat yang ada di Koperasi Tri Dharma Artha. Pengumpulan data dapat berupa informasi yang berasal dari catatan penting perusahaan yang berkaitan dengan masalah penelitian.
1.5.3   Wawancara
Wawancara dilakukan pada saat observasi berlangsung dengan bagian Administrasi guna mendapatkan informasi dan data nasabah yang mengajukan pinjaman.
1.5.4   Tinjauan Pustaka
Studi Pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang terdapat pada buku atau literature dari perpustakaan yang ada kaitannya objek yang akan diteliti dengan membaca, mengutip dari proses penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari berbagai bentuk penyusunan laporan.
1.6.    SistematikaPenulisan
Sistematika dalam penulisan laporan PKL ini digunakan sesuai dengan buku panduan penyusunan laporan PKL yang memberikan gambaran tentang laporan dan susunan mengenai hubungan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya. Beberapa hal yang menjadi sistematika penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan adalah sebagai berikut :
BAB I   PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan PKL, Metode Pengumpulan Data dan Sistematika Penulisan Laporan.
BAB II  LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang Pengertian Sistem, Pengertian Konsep Dasar Sistem, Pengertian Data Flow Diagram (DFD), Bagan Alir Dokumen (Flowchart), ERD (Entity Relation Diagram).
BAB III          GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini menguraikan tentang gambaran umum perusahaan yang berisi deskripsi perusahaan, visi, misi, sejarah, struktur organisisasi, serta tugas dan tanggung jawab personil dalam struktur organisasi.
BAB IV PEMBAHASAN
Bab ini berisikan tentang Laporan Aktifitas Kegiatan Mahasiswa, Analisis Sistem Berjalan, Usulan Desain Pengembangan Sistem, dan Penjadwalan.
BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisikan tentang Simpulan dan Saran penulis di dalam Laporan Praktek Kerja Lapangan untuk instansi.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
 
Lebih lengkapnya download disini

Related Posts

3 komentar

Posting Komentar