PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Perkembangan manajemen modern semakin menyadarkan diri pada
kebutuhan informasi, ketidaklancaran pengolahan arus informasi dapat
mengakibatkan kekacauan dalam mengambil keputusan. Pengendalian operasional,
perencanaan, teknis dan strategis rasanya semua ini tidak terlalu sulit
diwujudkan dengan adanya komputer, untuk itu dalam usaha mengkomputerisasikan
sebuah sistem pada suatu organisasi sepertinya telah menjadi suatu keharusan
dan kewajiban, karena sekarang ini komputer memegang peranan yang sangat
penting guna mencapai suatu hasil kerja yang maksimal sehingga mempunyai sarana
yang cukup menunjang informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Tidak hanya organisasi saja yang membutuhkan informasi
melainkan seluruh aspek kehidupan termasuk Koperasi Simpan Pinjam Tri Dharma
Artha yang memberikan pelayanan jasa simpan pinjam bagi seluruh lapisan masyarakat.
Proses simpan pinjam tersebut mambutuhkan informasi terbaru dan laporan-laporan
yang akurat dan tepat waktu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang
harus menggunakan komputer untuk mengolah data atau pengaturan administrasi
dalam proses peminjaman. Saat ini pada proses pengajuan pinjaman di Koperasi
Simpan Pinjam Tri Dharma Artha masih dilakukan secara manual, sehingga proses
pengajuan pinjaman kurang efisien dan kurang maksimal. Sehingga dalam proses pengajuan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Tri Dharma Artha masih ditemukan banyak kendala, diantaranya sebagai berikut:
1.
Kesulitan dalam proses pencarian
data anggota atau nasabah
2.
Proses pencetakan kwitansi pinjaman, kwitansi biaya administrasi, surat perjanjian pinjaman (kredit), dan tanda terima jaminan kredit masih manual.
Kendala tersebut diatas terjadi karena sistem yang digunakan saat ini belum sepenuhnya menggunakan komputer. Dengan adanya sistem yang
terkomputerisasiakan mempermudah dan mempercepat proses
peminjaman. Sehingga kesalahan dalam proses pengajuan pinjaman tersebut dapat diperkecil.
Untuk mengatasi kendala tersebut di atas maka penulis mengambil judul “Sistem Pengajuan Pinjaman Pada
Koperasi Tri Dharma Artha”.
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
permasalahan diatas maka dibuat suatu rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana system pengajuan pinjaman pada
Koperasi Tri Dharma Artha?
2.
Bagaimana cara
penginputan pengajuan pinjaman secara singkat, mudah dan akurat?
1.3.
Batasan Masalah
Perancangan sistem pengajuan pinjaman masalah yang akan dibahas dibatasi adalah:
1. Tidak membahas tentang pemeliharaan.
2. Perancangan dibatasi hanya untuk pengajuan pinjaman.
3. Sistem yang dibuat hanya sebatas perancangan yang akan diimplementasikan
hanya di Koperasi Tri Dharma Artha lampung
Tengah.
1.4.
Tujuan Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan
Pelaksanaan Pengembangan Sistem pengajuan pinjaman ini dimaksudkan sebagai fasilitas untuk membantu fungsi instansi
dalam penginputan data nasabah yang mengajukan pinjaman secara cepat. Adapun tujuan yang dapat diperoleh yaitu :
1. Membantu perusahaan
untuk membuat suatu
sistem yang mempunyai penyimpanan
data yang baik sehingga dapat
memudahkan dalam proses penginputan
data pengajuan pinjaman.
2. Membuat sistem yang mempunyai keluaran
atau output yang baik dari data-data yang ada sehingga
menghasilkan suatu laporan yang akurat serta
menarik yang akan diberikan kepada
manager.
1.5.
MetodePengumpulan
Data
Metode pengumpulan data untuk membuat laporan PKL ini,
penulis berusaha mengumpulkan data dan informasi untuk mendukung proses
pembuatan Laporan PKL ini. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode-metode sebagai
berikut :
1.5.1 Pengamatan
Metode observasi dilakukan dengan cara mengadakan pencatatan secara sistematis dan mengadakan pengamatan secara langsung kelokasi yaitu
Koperasi Tri Dharma Artha.
1.5.2 Dokumentasi
Dokumentasi dilakukan dengan cara mencari data yang
relevan dan berhubungan dengan permasalahan yang
diangkat yang ada di Koperasi Tri Dharma
Artha. Pengumpulan data dapat berupa informasi yang berasal dari catatan penting perusahaan yang berkaitan dengan masalah penelitian.
1.5.3 Wawancara
Wawancara dilakukan pada saat observasi berlangsung dengan bagian Administrasi guna mendapatkan informasi dan data nasabah
yang mengajukan pinjaman.
1.5.4 Tinjauan
Pustaka
Studi Pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang
terdapat pada buku atau literature dari perpustakaan yang ada kaitannya objek yang akan diteliti dengan membaca, mengutip dari proses penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari berbagai bentuk penyusunan laporan.
1.6. SistematikaPenulisan
Sistematika dalam penulisan laporan PKL ini digunakan sesuai dengan buku panduan penyusunan laporan PKL yang memberikan gambaran tentang laporan dan susunan mengenai hubungan antara bab yang satu dengan bab
yang lainnya. Beberapa hal yang menjadi sistematika penulisan laporan Praktek
Kerja Lapangan adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan PKL, Metode Pengumpulan Data dan Sistematika Penulisan Laporan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Bab ini berisi tentang Pengertian Sistem, Pengertian Konsep Dasar Sistem, Pengertian Data Flow
Diagram (DFD), Bagan Alir Dokumen (Flowchart), ERD (Entity Relation
Diagram).
BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini menguraikan tentang gambaran umum perusahaan
yang berisi deskripsi perusahaan, visi, misi, sejarah, struktur organisisasi, serta tugas dan tanggung jawab personil dalam struktur organisasi.
BAB IV PEMBAHASAN
Bab ini berisikan tentang Laporan Aktifitas Kegiatan Mahasiswa, Analisis Sistem Berjalan,
Usulan Desain Pengembangan Sistem, dan Penjadwalan.
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisikan tentang Simpulan dan Saran penulis di dalam Laporan Praktek Kerja Lapangan untuk instansi.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lebih lengkapnya download disini
OK gan tambab bisa buat refrnsi
BalasHapusblog nya keren maju terus gan :D
iya gan terimakasih sudah mengunjungi blog ane :D
BalasHapusngak bisa dibuka bohong amat
BalasHapus