BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Manajemen sumber daya manusia adalah pengakuan
terhadap pentingnya satuan tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia
yang vital bagi pencapaian tujuan organisasi dan pemanfaatan berbagai fungsi
dan kegiatan personalia untuk menjamin bahwa mereka digunakan secara efektif
dan bijak agar bermanfaat bagi individu, organisasi dan masyarakat.
Definisi prestasi kerja menurut Hasibuan (2005) adalah
suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang
dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesungguhan,
serta waktu. Penilaian prestasi kerja (performance appraisal) merupakan salah
satu tugas yang paling penting bagi setiap manajer, yang diakui pula bahwa
banyak kesulitan dialami dalam menanganinya secara memadai. Tidaklah selalu
mudah untuk menilai prestasi seseorang karyawan bawahan secara akurat, dan lagi
pula adalah serba sulit untuk menyampaikan hasil penilaian tersebut kepada
bawahan yang bersangkutan tanpa menimbulkan rasa kecewa bagi yang bersangkutan.
Daya fisik adalah kekuatan dan ketahanan seseorang
untuk melakukan pekerjaan yang berat dan bekerjanya lama, maupun ketahanannya
dalam menghadapi serangan penyakit. (Hasibuan, 2005 : 271)
Karyawan memegang peranan bagi perusahaan, sehingga
perusahaan harus memperhatikan setiap masalah yang berkaitan dengan karyawan.
Salah satu masalah yang dihadapi oleh karyawan adalah mengenai semangat kerja.
Dengan adanya semangat kerja, karyawan dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan
menghasilkan sesuatu yang lebih baik bagi perusahaan. Semangat kerja yang
tinggi akan mendorong karyawan untuk ikut berpartisipasi dan mencurahkan segala
pikiran, kemampuan serta keahliannya dengan penuh kesadaran yang tinggi jujur
dan rasa tanggungjawab terhadap pekerjaanya.
Kondisi lingkungan kerja merupakan faktor yang harus diperhatikan
setiap perusahaan, karena berkaitan langsung dengan lingkungan dimana karyawan dapat
bekerja dan melaksanakan tugasnya. Menurut Agus Ahyari pengertian dari kondisi lingkungan
kerja adalah sebagai berikut : Kondisi lingkungan kerja adalah sesuatu yang
disekitar karyawan dan dapat mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugasnya.
Aspek-aspek kondisi kerja ini meliputi kualitas penerangan, sirkulasi udara,
perlengkapan, tata ruang, kebisingan, keamanan, dan kebersihan
Prestasi kerja dipengaruh oleh beberapa faktor, antara
lain kemampuan fisik dalam bekerja, semangat kerja dan kondisi lingkungan
kerja. Fenomena yang terjadi adalah sering kali waktu kerja terlalu panjang
sekitar 8 jam kerja, sehingga daya fisik karyawan berkurang. Selain itu
karyawan juga kurang bersemangat dalam bekerja karena hanya mengerjakan hal
yang sama. Kondisi lingkungan kerja yang kurang nyaman juga dapat mengurangi
prestasi kerja.
Dinas Kesehatan Kota Surakarta merupakan Departemen
pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat. Sebagai dinas yang
bergerak di bidang kesehatan, tentunya dinas sangat memperhatikan daya fisik
atau kesehatan pegawai, semangat kerja pegawai, dan lingkungan sekitar pegawai.
Ketiga faktor tersebut akan mempengaruhi prestasi kerja pegawai pada Dinas Kesehatan
Kota Surakarta.
Lebih lengkapnya bisa anda download disini. Terimakasih sudah mengunjungi, jangan lupa
tinggalkan komentar ya :D
Tetap Semangat !!!
Tetap Semangat !!!
Posting Komentar
Posting Komentar