BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Praktek Kerja Industri
Di laksanakanya kegiatan praktek kerja industri ini adalah
untuk memperkenalkan
siswa/siswi Praktek Industri agar mengenal dunia kerja yang sesungguhnya,
belajar berfikir dengan keritis dan belajar untuk bekerja keras, berfikir yang
lugas sebelum mengambil keputusan (tidak asal mengambil keputusan). Memahami
dunia kerja, agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya
saing di dunia kerja, berbudi pekerti luhur dan bertindak/berbuat sesuatu
sesuai aturan-aturan yang berlaku/ada.
Praktek kerja industri (PRAKERIN) ini dilaksanakan
dalam kurun waktu yang Relatif cukup singkat yaitu lebih kurangnya adalah 3 bulan, dan dalam Waktu yang singkat tersebut siswa / siswi harus bisa memanfaatkan waktu
dengan sebaik-baiknya karena dengan praktek industri siswa/siswi tersebut bisa
mengerti dan memahami dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu juga siswa/siswi harus mengerti
apa dan tujuan dari Prakerin tersebut, Prakerin merupakan kegiatan siswa/siswi
yang wajib dilakukan bagi siswa SMK, dan bertujuan untuk menambah wawasan,
membiasakan siswa/siswi Hidup mandiri,
berpengalaman di dunia kerja yang sesungguhnya.
Selain itu juga siswa/siswi harus
mengerti apa tujuan dari prakrin tersebut, Prakrin merupakan kegiatan
siswa/siswi yang wajib dilakukan bagi siswa SMK, dan bertujuan untuk menambah
wawasan, membiasakan siswa/siswi menjadi mandiri,berpengalaman di dunia kerja,
dan mengerti dunia kerja agar dikemudian hari tidak terlalu kakung dalam bekerja
didunia kerja yang sesungguhnya.
Banyak yang bilang bahwa prakerin
ini tidak begitu banyak dapat ilmu melainkan banyak pengalaman, tapi menurut
kami dalam pelaksanaan prakerin ini sungguh banyak ilmu-ilmu baru kami yang
dapat yang sebelumnya kami tidak tahu, tanpa disadari, begitu juga dengan
pengalaman-pengalaman.
1.2
Pengertian Praktik kerja industri
Praktek
kerja industri atau pengalaman kerja lapangan adalah merupakan praktek kerja
siswa pada dunia atau industri terkait selama jangka waktu tertentu tarhadap
pengamatan dan pelaksanaan kegiatannya. (Didin Frastian)
1.3 Fungsi
Dan Tujuan Praktik kerja Industri
Fungsi kerja industri atau pengalaman kerja lapangan
adalah sebagai wahana untuk mempraktekan teori-teori yang diterima di sekolah,
untuk dipraktekikan di dunia nyata. Dalam rangka menyiapkan kemampuan dan
pengembangan siswa yang dibutuhkan untuk memasuki lapangan kerja. Pada dasarnya
program prakerin dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pada pendidikan SMK.
Meningkatkan mutu tamatan SMK untuk mencapai Misi SMK
1.4 Ruang Lingkup
Ruang
lingkup praktek kerja industri atau pengalaman kerja lapangan program study
teknik antara lain:
a) Pengalaman
tugas-tugas dan bobot kerja teknik .
b)
Pengalaman hubungan tugas-tugas dan
fungsi-fungsi bagian yang terlibat dalam sebuah organisasi. 3D computer
c)
Pengaturan tugas-tugas sebagai
pramuniaga dan wiraniaga.
d)
Untuk ruang lingkup praktek kerja
industri atau pengalaman kerja lapangan program studi bisnis atau perguruan
tinggi misalnya : 3D Computer dan sebagainya, siswa dengan bimbingan.
a.
Pembimbing dapat membantu toko
sehingga lebih menarik, teratur tertib dan bersih.
b.
Membantu Pimpinan kepegawaian dalam
pembuatan pembukuan (mencatat surat keluar masuk dan menginstal SO dan System Aplikasi).
c.
Membantu Pimpinan kepegawaian dalam
mengerjakan tugas maupun menginstal komputer yang belum terinstal.
d.
Siswa membantu Pimpinan dalam mengerjakan tugas sehari hari agar memudahkan
mereka dalam mengerjakannya.
Kususnya
bagi praktek kerja seperti ini bila siswa diberi tentangan menyangkut rektorat
dalam perkembangan dan berhasil akan memberi pelajaran yang bernilai bagi siswa
tersebut (Didin Fratian).
1.5 Dasar pelaksanaan Prakerin
UU 19 Tahun
2005 tentang standart Nasioal UU No 23 thun 26 tentang standart kompetensi
kelulusan untuk suatu pendidikan dan menengah serta UU No 1989 tentang peran
serta masih dalam pendidikan Nasional & keputusan Menteri pendidikan dan
keudayaan.
BAB II
LATAR BELAKANG
2.1 Sejarah STMIK Dharma Wacana Metro
Sejarah
STMIK Dharma Wacana Metro Bapak Drs. Ponco Heru Sutanto memaparkan tentang
gagasan pendirian STMIK Dharma Wacana, yang pada awalnya diajukan dengan nama
STIKOM, dimulai sejak yang bersangkutan menjabat sebagai direktur Akademi
Pertanian Dharma Wacana yaitu periode 1996 – 2000. Bapak Drs. Ponco Heru Sutanto diangkat
menjadi direktur berdasarkan SK MENDIKBUD melalui Surat No 149/rhs/MPK/1997.
Berselang beberapa waktu dari itu, Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto menghadiri
Rakowil II di Palembang tepatnya bertemu di Hotel Swarna Dwipa Palembang. Pada
kesempatan itu Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto bertemu dengan dosennyya yaitu Ir.
Machudor YusmanM, M.Kom. dari berbincang – bincang lalu mulai muncul gagasan
dan keinginannya untuk mendirikan Sekolah Tinggi Komputer.
Sejak
itu Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto terus menyiapkan segala sesuatunya guna
mewujudkan gagasan tersebut.
Maka
ia menemui Ir. Mugni Kusnady, MS yang tidak lain adalah Kapuskom UNILA saat
itu. Dengan dorongan Ir. Anjar Sulastiono salah satu dosen di Akademi Perawat (
Akper ) Dharma Wacana. Setelah itu mereka saling bertemu untuk tujuan hal
tersebut.
Yang
bersangkutan dengan kawan – kawan dalam timnya, kemudian mengajukan pendirian
STIKOM dengan nama STIKOM Dharma Wacana karena yang bersangkutan disamping menjabat
Direktur Aper Dharma Wacana, juga pertimbangan saran dari Ir. Anjar Sulastiono
yang juga dosen Aper Dharma Wacana bahwa karena Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto
juga sebagai anak menantu Bapak Basir yang tidak lain penyandang dana yayasan
pendidikan dan kebudayaan Dharma Wacana pada waktu itu.
Pertimbangan
kawan – kawan bukan tanpa dasar, tetapi justru sangat mendasar karena agar
semuanya menjadi harmonis, yaitu mengelola sendiri STIKOM tetapi masih dalam
lingkup Dharma Wacana dan sebagai menantu Bapak Basir pada sisi yang lain.
Karena hal ini sangat memungkinkan pada waktu itu, mengingat Yayasan Dharma
Wacana pada waktu itu belum menjadi Yayasan Keluarga.
Mengingat
pendirinya sebanyak 25 orang yang sebagian besar adalah para dosen Universitas
Lampung, tersebut oleh yang bersangkutan diantaranya : Drs. Dulhadi; Prof.
Margono Sp; Drs. Mardi; Drs. Musjiono Irsad; Drs. Sukiman; Kabid Paidiyanto;
Drs. Tamrin Noor; Drs. Sargono dll.
Setelah
terbitnya Izin Operasional STMIK Dharma Wacana melalui Surat Keputusan Menteri
Pendidikan Republik Indonesia nomor 174/D/O/2000, serta mengingat pendanaan
operasional yang harus ditanggung, maka para pendiri STMIK Dharma Wacana
membuat Perjanjian Penggunaan Nama dengan Ketua Yayasan Dharma Wacana pada
waktu itu yang tertanggal 31 Desember 2001.
Adapun
inti dari perjanjian tersebut sebagaimana Ps(1,2 dan 3) adalah : “ Demi
penyelenggaraan STMIK Dharma Wacana maka semua biaya operasional ditanggung
para pendiri STMIK”.
1.
Semua hak dan kekayaaan
STMIK Dharma Wacana, terpisahkan dari kekayaan Yayasan Dharma Wacana kecuali
penggunaan nama Dharma Wacana pada STMIK,
2.
Demi kepentingan
kelembagaan STMIK maka menyetujui apabila di kemudian hari terjadi perubahaan
bahan penyelenggaraan.
Perjanjian
diatas ditindak lanjuti dengan perjanjian ke dua tertanggal 30 bulan Juni 2003
yang pada intinya antara pihak Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto selaku pediri STMIK
Dharma Wacana dengan Ketua Yayasan Pendidikan Dharma Wacana menyetujui
perpindahaan penyelenggaraan STMIK karena seiring dengan berubahnya Yayasan
Dharma Wacana menjadi Yayasan yang hanya dimiliki keluarga Bapak Basir dari
yang semula didirikan oleh 25 pendiri.
Berkaitan
dengan penggunaan nama Dharma Wacana pada pihak sepakat memperhitungkan
kompensasinya sebagaimana telah tertuang dalam perjanjian yang ada.
Setelah
itu pengelola STMIK mengajukan permohonan ijin perubahan dan pengalihan nama
STMIK DHARMA WACANA menjadi STMIK WIRA BUANA pada tanggal 16 Januari 2003 kepa
DIRJEN DIKTI yang ditanda tangani oleh Ketua STMIK Dharma Wacana Ir. Mugni Kusnady,
MS dengan Nomor surat 044/K/2003 (p3).
Selanjutnya
Direktur Kelembagaan DIKTI, pada tanggal 11 Februari 2003 yang ditanda tangani
oleh T. Ilyas dengan nomor surat 229/D/S.1/T/2003 telah mengirim surat kepada
Koordinator Kopertis Wilayah II di Palembang dan tembusannya disampaikan kepada
Ketua Yayasan Dharma Wacana serta Ketua STMIK Dharma Wacana yang pada intinya
surat tersebut mohon segera mengirim rekomendasi sesuai dengan surat permohonan
pihak STMIK tertanggal 16 Januari 2003.
Seiring
dengan ini terjadi perubahan kepengurusan ketua Yayasan Dharma Wacana dari Dr.
Yon Maryono kepada Kushermanto, SH., dengan pergantian ketua Yayasan tersebut
terjadi beda pemahaman tentang posisi STMIK Dharma Wacana sehingga pihak ketua
Yayasan yang baru belum bersedia memberikan rekomendasi dimaksud dengan seiring
dengan itu terjadi masalah keluarga Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto hingga yang
bersangkutan ddigugat cerai oleh istrinya, menurut pengakuannya hal itu terjadi
atas dorongan dari pihak keluarga istri, sampai akhirnya terjadi perceraian.
Kondisi
ini membuat pengaruh yang luar biasa pada lembaga STMIK Dharma Wacana dan
pengelolaanya, yang di tandai dengan tindakan pengusiran atas pemakaian gedug
yang selama ini ditempati sebagai kampus STMIK Dharma Wacana.
Adapun
dengan kondisi tersebut pihak Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto terus berupaya
memperjuangkan operasional STMIK Dharma Wacana danpengelolaanya, mengingat
kepentingan mahasiswa yang harus berjalan dan tidak boleh berhenti sehingga
yang bersangkutan memindahkan kampus ditempat yang baru yaitu di gedung PGSD
UNILA atas izin dan kerja sama dengan pihak REKTOR UNILA pada saat itu Prof.
Muhajir Utomo.
Rekomendasi
pengalihan pengelolaan STMIK Dharma Wacana belum diberikan hingga saat ini
membuat terjadinya pengingkaran atas perjanjian tertanggal 20 Januari 2000dan
menjadikan dilema pada Lembaga STMIK Dharma Wacana belum selesai.
Disisi
lain pengelola terus berupaya menyelesaikan masalah tersebut hingga saat ini.
Bahwa beberapa waktu kemudian terjadi pergantian kembali Ketua Yayasan
Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana, Ketua yang baru adalah Sdr. Joko
Bintaro ( suami Bu ana). Sdr. Joko Bintaro ini pernah memberitahukan secara
lisan melalui telepon kepada Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto bahwa ada surat
teguran dari Koordinator Kopertis Wilayah II tentang laporan ESPBED yang belum
diselesaikan dan akan ditutupnya penyelenggaraan STMIK Dharma Wacana.
Tetapi
menurut pengakuan dari Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto sendiri sampai saat yang
bersangkutan belum penah menerima/melihat/apalagi membaca surat teguran
tersebut seperti apa bentuk dan isinya, baik berupa aslinya maupun fotocopynya.
Bahwa
hal tersebut diatas membuat Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto bekerja keras untuk
menyelesaikan laporan ESPBED tersebut, demi mengejar perpanjangan izin
operasional yang harus diperpanjang karena akan berakhir pada bulan November
2010.
Adapun
surat Koordinator Kopertis Wilayah II tentang laporan ESPBED dan ancaman akan
ditutupnya STMIK Dharma Wacana disikapi lain oleh sdr. Joko Bintaro yaitu pihak
Yayasan Dharma Wacana menyikapinya bahwa dengan membuat laporan ESPBED sendiri
tanpa sepengetahuan Bpk. Drs Ponco Heru Sutanto dan amengklaim bahwa Bpk. Drs
Ponco Heru Sutanto tidak lagi berhak atas pengelolaan STMIK Dharma Wacana
sehingga akan diambil alih pengelolaannya oleh sdr. Joko Bintaro melalui
pembentukan kepengurusan struktur kepemimpinan dan organisasi yang baru untuk
STMIK Dharma Wacana dan ternyata hal itu dilakukannya, dan juga dengan
dilakukannya penerimaan mahasiswa baru pada STMIK Dharma Wacana Di bawah
pengelolaannya sejak bulan Juli 2010.
Sampai
saat ini STMIK Dharma Wacana tetap mengelola 3 Program Studi yaitu :
1.
Program Pendidikan
Strata Satu (S1) – Program Studi Teknik Informatika
2.
Program Pendidikan
Strata Satu (S1) – Program Studi Sistem Informasi
3.
Program Pendidikan
Diploma Tiga (D3) – Program Studi Komputerisasi Akuntansi.
2.2 Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Serta
Strategi Pencapaian
2.2.1 Mekanisme Penyusunan visi, misi, tujuan dan
sasaran program studi, serta pihak – pihak yang dilibatkan
Program studi sistem
informasi melaksanakan penyusunan visi, misi, tujuan dan sassaran proogram
studi dengan cara menganalisa keunggulan dan kelemahan yang terdapat dalam
internal program studi dan pemanfaatan kesempatan dan tuntutan eksternal
program studi seperti kebutuhan dunia teknologi informasi menggunakan
kuisioner. Hasil pengelolaan kuisioner menjadi data untuk analisa SWOT yang
akan menjadi pedoman bagi jurusan untuk meninjau Visi, Misi, Tujuan dan sasaran
program studi.
Setelah mendapatkan
referensi dari analisa SWOT, maka dilanjutkan dengan mekanisme penyusunan visi
dan misi sebagai berikut :
1. Pembentukan
tim penyusunan Visi, Misi. Tim ini diangkan dan di SK kan oleh kerua STMIK
Dharma Wacana Metro. Tim ini beranggota ketua jurusan, Dosen Jurusan, Tenaga
Kependidikan, Perwakilan Mahasiswa, Alumni, pengguna lulusan dan praktisi
dibidang IT.
2. Ketua
Tim menggundang anggota tim dan pihak-pihak anggota studi terkait/pemangku
kepentingan (dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni lainya) untuk
mendapatkan masukan dan dalam merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran program
studi sistem informasi. Acara pertemuan ini dilaksanakan di STMIK Dharma Wacana
Metro.
3. Hasil
pertemuan tersebut, dilanjutkan dengan rangka rapat kerja dengan agenda khusus
membahas finalisasi dan definitif tentang visi, misi, Tujuan dan Sasaran
Program Studi Sistem Informasi oleh tim penyusun visi, misi.
4. Acara
tersebut dilaksanakan di STMIK Dharma Wacana Metro dengan mengundang stakeholder internal dan eksternal
Program Stiudi Sistem Informasi.
5. Hasil
keputusan tim disampaikan oleh ketua STMIK untuk selanjutnya diproses sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang visi, misi, tujuan
dan sasaran Program Studi Sistem Informasi.
6. Ketua
STMIK mengundang anggota Senat Perguruan Tinggi untuk menyampaikan visi, misi,
tujuan dan sasaran program studi sistem informasi untuk mendapatkan mendapatkan
persetujuan dari senat perguruan tinggi. Rapat senat ini STMIK Dharma Wacana.
7. Hasil
persetujuan dan pengesahan visi, misi, tujuan dan sasaran prodi sistem
informasi selanjutkan disahkan dalam Surat Keputusan Ketua dan disampakian
kepada unit-unt terkait untuk diimplementasikan dalam berbagai aktifitas
pelayanan akademik dan disosialilasikandengan berbagai media seperti famlet,
figura yang dipasang diruang dan tempat strategis lainyadan di web.
2.2.2
Visi
Pada tahun 2015
menghasilkan lulusan yang memiliki integritas baik secara keilmuan maupuk
akhlaq di bidang teknologi informasi.
2.2.3
Misi
a. Menghasilkan
lulusan yang memiliki keahlian sesuai bidang peminatan yang dipilih dan diakui
didunia usaha.
b. Membentuk
dan mengembangkan karakter dan kepribadian bangsa yang disiplin, jujur, bekerja
keras, bermoral dan berkepribadian pancasila.
c. Melaksanakan
Tridarma Perguruan Tinggi serta menjalin kerja sama dengan instansi lain.
2.2.4 Tujuan
-
Memiliki akhlaq yang
baik sebagai landasan pengabdianya.
-
Mampu menerapkan ilmu
yang diperolehnya sesuai kebutuhan ditempat pengabdianya.
-
Memiliki jiwa
leadership dan berloyalitas tinggi.
2.2.5
Sasaran dan Strategi Pencapaianya
Meningkatkan kualitas
SDM (dosen, tenaga pengabdi dan tenaga kependidikan), sehingga mampu mendukung
proses pembelajaran yang lancar dan berkualitas
·
Secara periodik
melakukan evaluasi terhadap kualitas
SDM sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban.
·
Memotivasi dan memberi
kesempatan peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan pelatihan, kursus,
seminar, lokakarya, maupun studi lanjut sesui dengan bidang keilmuan dan
penugasanya.
Meningkatkan prosess
pembelajaran melalui perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
evaluasi pembelajaran, dan program-program pelatihan mewujudkan kurikulum yang
sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan serta berkopetensi tinggi yang
memiliki kelebihan lain:
a) Memiliki
mata kuliah lokal yang sesuai dengan kebutuhan dinamika masyarakat terdekat dan
pasar kerja;
b) Menyediakan
mata kuliah pilihan yang merujuk pada harapan/kebutuhan mahasiswa secara
individual/kelompok mahasiswa tertent;
c) Memberi
mahasiswa peluang untuk mengembangkan diri, melanjutkan studi, mengembangkan
pribadi, memperoleh pengetahuan dan pemahaman materi khusus sesuai dengan
bidang studi, mengembangkan keterampilan yang dapat dialihkan, terorientasikan
kearah karir dan memperoleh pekerjaan;
d) Arah
kompetensi yang dikembangkan/dilatih sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan
memiliki efisiensi internal dan eksternal;
e) Karakter
pengajar dosen diupayakan memiliki kesusuaian antara strategi dan sasaran yang
diharapkan.
2.2.6
Sosialisasi
Uraikan upaya
penyebaran/sosialisasi visi, misi, dan tujuan program studi serta pemahaman
sivitas akademik (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Visi, Misi, Program
Studi Sistem Informasi telah di sosialisasikan kepada seluruh Civitas Akaademik
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Ketua
program studi mengundang dosen program studi, tenaga kependidikan dan pimpinan
lembaga kemahasiswaan program studi.
2. Tercantum
didalam buku pedoman yang ada didalam program studi, dibagikan kepada seluruh
dosen program studi, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
3. Melakukan
sosialisasi secara berkelanjutan malalui:
-
Rapat dosen yang
dilakukan dua (2) kali dalam satu semester.
-
Kegiatan - kegiatan
kemahasiswaan seperti latihan dasar kepemimpinan (LDK) dan pembekalan dalam
pelantikan pengurus himpunan mahasiswa.
4. Mengunggah
di website stmik-dharmawacana.ac.id
5. Dipasang
pada papan informasi (mading), ruang kuliah, laboratorium, kartu tanda
mahasiswa (KTM) sehingga pimpinan STMIK Dharma Wacana, Program studi, Dosen,
tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni dapat membacanya, mengerti dan
menghayati dalam setiap aktivitas belajar.
2.3 Struktur Organisasi
Struktur
organisasi merupakan penggambaran secara grafik yang menggambarkan struktur
kerja dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dengan
demikian struktur organisasi dalam suatu instansi memegang peranan sangat
penting untuk mengkoordinasikan seluruh bagian – bagian yang ada didalam
instansi.
Pengelola Sekolah
Tinggi
Periode Ketua STMIK –
DW
Ketua Yayasan
Dharmabakti Wacana :
Drs. Ponco Heru Sutanto
Ketua STMIK Dharma
Wacana :
M. Fajar Junariyata, M.Kom
Pembantu Ketua I Bidang
Akademik :
Ir. M. Kaerudin, M.Kom
Pembantu Ketua II
Bidang Keuangan :
Drs. Juriyah, M. Pd
Pembantu Ketua III
Bidang Kemahasiswaan :
Imam Sudjoko, SH. MH
Pembantu Ketua IV
Bidang Hubungan Masyarakat : Eko
Sudarpriyanto, S.Pd, MM.Pd
Ketua Program Studi
Teknik Informatika :
Suryah Al Chin-Chin, M.Kom
Ketua Program Studi
Sistem Informasi :
Ir. Susmianto, M.Kom
Ketua Program Studi
Komputerisasi Akuntansi : Muslim,
SE, M.Kom
2.3.1
Struktur Organisasi STMIK Dharma Wacana Metro
Gambar 2.1 : Struktur Organisasi STMIK Dharma Wacana Metro
2.5 Denah Lokasi
Gambar 2.2 : Denah Lokasi STMIK Dharma Wacana Metro
BAB III
HASILYANG DIPEROLEH SELAMA PRAKERIN
3.1 Hasil Yang diperoleh Selama Praktik Industri
Hasil yang saya peroleh selama prakerin sebenarnya
cukuplah banyak, seperti pengalaman-pengalaman baru, ilmu-ilmu baru yang belum
kami dapat mengerti menjadi lebih mengerti atau lebih meenguasai, seperti
menginstal windows, cara setting IP Addres, membuat power point dengan menggunakan
slide master, masuk ke Bios, mengrimping kabel, mmbongkar CPU dan menjalankan
Microsoft Word, dll.
Dan saya juga bisa mengerti bagaimana orang yang
bekerja didunia kerja yang sesungguhnya atau sebenarnya dan yang paling
berkesan adalah bisa bersosialisasi dengan orang-orang asing atau belum pernah
saya kenal sebelumnya dan belum tau sama skali sebelumnya.
Saya juga bisa lebih mengerti tentang instal windows7,
yang sebelumnya memang saya belum mengerti apa menginstal windows7 itu sendiri,
dan sekarang saya bisa mengerti walaupun belum sepenuhnya.
Berikut ini saya tuliskan sedikit tentang hasil yang
saya dapat selama prakerijn di STMIK Dharma Wacana Metro dan juga cara-caranya:
Langkah-Langkah Cara Menginstall windows 7
Masukkan
DVD windows 7 atau colokkan flashdisk windows 7 kita, dan kemudian booting lah
memakai media yang telah kita pilih, lalu proses loading file akan dimulai.
Pilih
bahasa Anda, waktu & format mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next
Klik
Install now
Conteng
I accept the license terms dan klik Next.
Klik
Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya
atau Custom (advanced) jika anda tidak memiliki versi Windows
sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7.
Lewati
langkah ini jika Anda memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih
drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klik Next. Jika Anda ingin
membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.
Sekarang
akan dimulai menginstal Windows 7. Langkah pertama, (yaitu Windows mulai
menyalin file) sudah dilakukan ketika anda booting DVD/fd Windows 7 sehingga akan selesai
seketika.
Setelah menyelesaikan langkah pertama, ia akan memperluas (decompress) file yang telah disalin.
Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.
Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.
Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada langkah sebelumnya.
Sekarang akan
otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart
now untuk restart tanpa perlu menunggu.
Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.
Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.
Ketik kunci produk Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini.
Pilih opsi yang
Anda inginkan untuk Windows Update.
Pilih zona waktu dan klik Next.
Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.
Pilih zona waktu dan klik Next.
Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.
BAB V
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dengan adanya program
praktik yang diterapkan di Sekolah kejuruan sangat mendukung dalam bidang
pendidian dan kemajuan bagi dunia bisnis atau usaha.
Dengan berakhirnya kegitan
prakerin ini dapat kami simpulkan sebagai berikut:
a)
Siswa
dapat mempraktikkan hasil teori yang diberikan dari sekolah ke dunia usaha.
b)
Dengan
adanya prakerin ini, maka dapat tercipta tenaga kerja yang profesional dan siap
kerja nantinya.
c)
Kegiatan
prakerin sangat perlu diaksanakan untuk memacu kreativitas siswa dan menambah
pengalaman siswa di dunia usaha.
d)
Kegiatan
prakerin ini sangat bermanfaat sekali dalam dunia usaha yang sesungguhnya.
Saran
a.
Jangan pernah
takut mencoba hal baru
b.
Praktik Kerja
Lapangan (PKL) adalah ajang meningkatkan mutu kedisiplinan dalam bekerja dan
pngembangan ilmu yang telah didapat.
c.
Jangan takut
dengan adanya PKL karena itu sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi yang ingin
maju
DAFTAR
PUSTAKA
JURNAL KEGIATAN PRAKTIK
KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Hari / Tanggal
|
Jenis Kegiatan
|
Paraf/Tanda
Tangan Pegawai Kantor
|
06-10-2015
|
|
|
07-10-2015
|
|
|
08-10-2015
|
|
|
09-10-2015
|
|
|
10-10-2015
|
|
|
11-10-2015
|
|
|
12-10-2015
|
|
|
13-10-2015
|
|
|
14-10-2015
|
|
|
15-10-2015
|
|
|
16-10-2015
|
|
|
17-10-2015
|
|
|
18-10-2015
|
|
|
19-10-2015
|
|
|
20-10-2015
|
|
|
21-10-2015
|
|
|
22-10-2015
|
|
|
23-10-2015
|
|
|
24-10-2015
|
|
|
25-10-2015
|
|
|
26-10-2015
|
|
|
27-10-2015
|
|
|
28-10-2015
|
|
|
29-10-2015
|
|
|
30-10-2015
|
|
|
31-10-2015
|
|
|
Pembimbing Prakerin
Kholik Kamdani, S.kom
JURNAL KEGIATAN PRAKTIK
KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Hari / Tanggal
|
Jenis Kegiatan
|
Paraf/Tanda
Tangan Pegawai Kantor
|
01-11-2015
|
|
|
02-11-2015
|
|
|
03-11-2015
|
|
|
04-11-2015
|
|
|
05-11-2015
|
|
|
06-11-2015
|
|
|
07-11-2015
|
|
|
08-11-2015
|
|
|
09-11-2015
|
|
|
10-112015
|
|
|
11-11-2015
|
|
|
12-11-2015
|
|
|
13-11-2015
|
|
|
14-11-2015
|
|
|
15-11-2015
|
|
|
16-11-2015
|
|
|
17-11-2015
|
|
|
18-112015
|
|
|
19-11-2015
|
|
|
20-11-2015
|
|
|
21-11-2015
|
|
|
22-11-2015
|
|
|
23-11-2015
|
|
|
24-11-2015
|
|
|
25-11-2015
|
|
|
26-11-2015
|
|
|
27-11-2015
|
|
|
28-11-2015
|
|
|
29-11-2015
|
|
|
30-11-2015
|
|
|
Pembimbing Prakerin
Kholik Kamdani, S.kom
JURNAL KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Hari / Tanggal
|
Jenis Kegiatan
|
Paraf/Tanda Tangan Pegawai Kantor
|
01-12-2015
|
|
|
02-12-2015
|
|
|
03-12-2015
|
|
|
04-12-2015
|
|
|
05-12-2015
|
|
|
06-12-2015
|
|
|
07-12-2015
|
|
|
08-12-2015
|
|
|
09-12-2015
|
|
|
10-12-2015
|
|
|
11-12-2015
|
|
|
12-12-2015
|
|
|
13-12-2015
|
|
|
14-12-2015
|
|
|
15-12-2015
|
|
|
16-12-2015
|
|
|
17-12-2015
|
|
|
18-12-2015
|
|
|
19-12-2015
|
|
|
20-12-2015
|
|
|
21-12-2015
|
|
|
22-12-2015
|
|
|
23-12-2015
|
|
|
24-11-2015
|
|
|
25-11-2015
|
|
|
26-11-2015
|
|
|
27-12-2015
|
|
|
28-12-2015
|
|
|
29-12-2015
|
|
|
30-12-2015
|
|
|
31-12-2015
|
|
|
Pembimbing Prakerin
Kholik Kamdani, S.kom
ABSENSI KEGIATAN SISWA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA(PSG)
Hari/Tanggal
|
Kehadiran
|
Paraf / Tanda
Tangan Pegawai Kantor
|
|||
Masuk
|
Alpha
|
Izin
|
Sakit
|
||
06-10-2015
|
|
|
|
|
|
07-10-2015
|
|
|
|
|
|
08-10-2015
|
|
|
|
|
|
09-10-2015
|
|
|
|
|
|
10-10-2015
|
|
|
|
|
|
11-10-2015
|
|
|
|
|
|
12-10-2015
|
|
|
|
|
|
13-10-2015
|
|
|
|
|
|
14-10-2015
|
|
|
|
|
|
15-10-2015
|
|
|
|
|
|
16-10-2015
|
|
|
|
|
|
17-10-2015
|
|
|
|
|
|
18-10-2015
|
|
|
|
|
|
19-10-2015
|
|
|
|
|
|
20-10-2015
|
|
|
|
|
|
21-10-2015
|
|
|
|
|
|
22-10-2015
|
|
|
|
|
|
23-10-2015
|
|
|
|
|
|
24-10-2015
|
|
|
|
|
|
25-10-2015
|
|
|
|
|
|
26-10-2015
|
|
|
|
|
|
27-10-2015
|
|
|
|
|
|
28-10-2015
|
|
|
|
|
|
29-10-2015
|
|
|
|
|
|
30-10-2015
|
|
|
|
|
|
31-10-2015
|
|
|
|
|
|
Pembimbing Prakerin
Kholik Kamdani,
S.Kom
ABSENSI KEGIATAN SISWA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA(PSG)
Hari/Tanggal
|
Kehadiran
|
Paraf /
Tanda Tangan Pegawai Kantor
|
|||
Masuk
|
Alpha
|
Izin
|
Sakit
|
||
01-11-2015
|
|
|
|
|
|
02-11-2015
|
|
|
|
|
|
03-11-2015
|
|
|
|
|
|
04-11-2015
|
|
|
|
|
|
05-11-2015
|
|
|
|
|
|
06-11-2015
|
|
|
|
|
|
07-11-2015
|
|
|
|
|
|
08-11-2015
|
|
|
|
|
|
09-11-2015
|
|
|
|
|
|
10-11-2015
|
|
|
|
|
|
11-11-2015
|
|
|
|
|
|
12-11-2015
|
|
|
|
|
|
13-11-2015
|
|
|
|
|
|
14-11-2015
|
|
|
|
|
|
15-11-2015
|
|
|
|
|
|
16-11-2015
|
|
|
|
|
|
17-11-2015
|
|
|
|
|
|
18-11-2015
|
|
|
|
|
|
19-11-2015
|
|
|
|
|
|
20-11-2015
|
|
|
|
|
|
21-11-2015
|
|
|
|
|
|
22-11-2015
|
|
|
|
|
|
23-11-2015
|
|
|
|
|
|
24-11-2015
|
|
|
|
|
|
25-11-2015
|
|
|
|
|
|
26-11-2015
|
|
|
|
|
|
27-11-2015
|
|
|
|
|
|
28-11-2015
|
|
|
|
|
|
29-11-2015
|
|
|
|
|
|
30-11-2015
|
|
|
|
|
|
Pembimbing Prakerin
Kholik Kamdani,
S.Kom
ABSENSI KEGIATAN SISWA
PENDIDIKAN SISTEM GANDA(PSG)
Hari/Tanggal
|
Kehadiran
|
Paraf /
Tanda Tangan Pegawai Kantor
|
|||
Masuk
|
Alpha
|
Izin
|
Sakit
|
||
01-12-2015
|
|
|
|
|
|
02-12-2015
|
|
|
|
|
|
03-12-2015
|
|
|
|
|
|
04-12-2015
|
|
|
|
|
|
05-12-2015
|
|
|
|
|
|
06-12-2015
|
|
|
|
|
|
07-12-2015
|
|
|
|
|
|
08-12-2015
|
|
|
|
|
|
09-12-2015
|
|
|
|
|
|
10-12-2015
|
|
|
|
|
|
11-12-2015
|
|
|
|
|
|
12-12-2015
|
|
|
|
|
|
13-12-2015
|
|
|
|
|
|
14-12-2015
|
|
|
|
|
|
15-12-2015
|
|
|
|
|
|
16-12-2015
|
|
|
|
|
|
17-12-2015
|
|
|
|
|
|
18-12-2015
|
|
|
|
|
|
19-12-2015
|
|
|
|
|
|
20-12-2015
|
|
|
|
|
|
21-12-2015
|
|
|
|
|
|
22-12-2015
|
|
|
|
|
|
23-12-2015
|
|
|
|
|
|
24-12-2015
|
|
|
|
|
|
25-12-2015
|
|
|
|
|
|
26-12-2015
|
|
|
|
|
|
27-12-2015
|
|
|
|
|
|
28-12-2015
|
|
|
|
|
|
29-12-2015
|
|
|
|
|
|
30-12-2015
|
|
|
|
|
|
31-12-2015
|
|
|
|
|
|
Pembimbing Prakerin
Kholik Kamdani,
S.Kom
Posting Komentar
Posting Komentar